BERSYUKUR DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN




Bersyukur  dalam bahasa indonesianya artinya berterima kasih , berterima kasih pada Allah SWT, yang telah memberikan kenikmatan dari besar sampai  kecil, yang  kita terima dengan penuh kebahagiaan, dalam hati  tanpa merasa iri, dengki, sombong, dan takabur menyesal karena semuanya adalah Rachmat dari Allah SWT. Bersyukur  berkaitannya dengan penglolaan hati, semakin terlatih hati kita pada hal hal yang positif, bahwa semuanya karena kehendaknya, semakin hilang fikiran fikiran negatif mengkambing hitamkan sesuatu.
Bersyukur setiap saat apa yang telah diberikan Allah SWT Kepada kita, antara lain:

1. Menghirup Udara gratis, udara yang kita hirup untuk bernapas, kita tidak mengeluarkan sepeserpun uang untuk membeli udara ini, jadi dapat dibayangkan apabila kita dari lahir sampai sekarang berapa uang yang kita keluarkan untuk membeli oksigen , satu kali bernapas lebih kurang   6 - 8 liter udara masuk dalam paru paru kita, kalau oksigen 10 liter harganya Rp.30.000,-  tinggal
 dikalikan saja, triyulnan, mana sanggup kita membayarkanya. untuk ini kita bersyukur kepadaNya.

2.Dapat Memakan  , kita dapat menikmati makanan, kita dapat merasakan lezatnya makanan yang kita makan, kita dapat merasakan manis, asin, pahit, dan lain lainnya, alangkah nikmatnya, dibandingkan mereka yang sedang jatuh sakit, tidak dapat merasakan lezatnya makanan, makanan yang dimakan terasa hambar , sama saja rasanya. Dalam hal ini kita bersyukur kembali kepadaNya.
3.Dapat Melihat, dengan dapat melihat kita dapat melihat keindahan alam semesta, dapat  melihat kehidupan sehari hari , dapat melihat wajah orang tua, keluarga dan lain lainnya , dibandingkan dengan mereka yang mendapat gangguan mata, buta waktu lahir, gangguan mata karena penyakit, tidak dapat melihat sama sekali, tidak dapat membedakan antara siang dan malam. kembali kita harus bersyukur kepada ALLAH ,SWT.

4. Dapat mendengar, dengan dapat mendengar kita dapat minikmati lantunan ayat ayat suci alqur'an, mendengar ceramah, dapat berkomunikasi , dapat mendengar radio, dan lain lainnya.,tidak terbayangkan seandainya tiba tiba telinga kita tuli, maka semua  terasa sunyi, sepi , tidak bisa membedakan suara yang merdu dan lain lainnya. disini kita bersyukur kembali kepada ALLAH, SWT.

5. Dapat mencium, dengan mencium kita dapat membedakan bau wangi bunga mawar, bunga melati, bunga cempaka, bau wangi dan bau busuk, semua bau dapat kita ketahui dengan hidung kita, andaikata kita penciuman kita terganggu, maka kita tidak dapat membedakan bau yang ada disekitar kita, bahkan  bau sedap makanan yang akan kita makan, disini kita bersyukur lagi akan kebesaran  ALLAH, SWT.

Masih banyak lagi kenikmatan kenikmatan yang diberikan kepada  ALLAH  SWT , yang belum tertuliskan , dan   ada  7 manfaat  dari bersyukur :

1. Menjaga kesehatan Rohani / Mental
Orang  yang pandai bersyukur tentulah lebih tenang dan bahagia. Selain itu mereka juga dikenal memiliki pandangan yang lebih baik terhadap hidupnya, akan lebih bertingkah laku lebih baik di didalam hidup sehari hari, Jiwanya lebih tenang dan lebih dapat menerima kenyataan yang ada.

2. Meningkatkan kesejahteraan
Sebuah studi pada tahun 2003 yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology, rajin bersyukur dapat mendorong kesejahteraan seseorang. Pandangan hidup orang yang melakukannya pun jadi lebih cerah serta memunculkan hal-hal positif yang lebih besar pada orang tersebut.

3. Menjadi teman yang akrab
Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2003 dalam Journal of Personality and Social Psychology, rasa syukur juga dilaporkan dapat mendorong perilaku sosial yang positif seperti membantu orang lain yang tertimpa masalah atau memberikan dukungan emosional pada orang lain.

4. Tidur lebih nyenyak
Menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri sebelum beranjak tidur dapat membantu seseorang tertidur lebih nyenyak. Fakta ini diungkap sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Applied Psychology: Health and Well-Being. Secara spesifik, peneliti menemukan bahwa ketika seseorang menghabiskan waktu 15 menit untuk menuangkan segala hal yang mereka syukuri ke dalam sebuah jurnal sebelum tidur maka orang yang bersangkutan akan lebih cepat tertidur dan tidur lebih lama.

5. Menjaga kesehatan jantung
Pada tahun 1995, sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa apresiasi dan emosi positif dapat dikaitkan dengan perubahan variabilitas detak jantung. Hal ini dianggap bermanfaat dalam terapi pengobatan hipertensi dan mengurangi kemungkinan kematian mendadak pada pasien gagal jantung kongestif dan penyakit jantung koroner.

6. Sistem kekebalan yang lebih sehat
Rasa syukur juga dikatakan berkaitan dengan optimisme sehingga mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat. Salah satunya dibuktikan oleh sebuah studi dari University of Utah yang menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan hukum yang stres namun tetap optimis terbukti memiliki lebih banyak sel-sel darah yang meningkatkan kesehatan sistem kekebalan ketimbang rekan-rekan mereka yang pesimis.

7. Mencegah emosi negatif
Bila datang musibah, baik dalam keluarga dalam pekerjaannya, dan lain lainnya ,dia lebih dapat menerima kenyataan ini dan tidak menyalahkan siapapun , dan bersyukur kepada ALLAH SWT, dan secara tidak langsung menurunkan stress.




1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus